Mengulas Beberapa Peralatan Arung Jeram Bogor yang Wajib Ada

arung jeram bogor


Ada banyak tempat yang memiliki daya tarik tersendiri dan salah satunya adalah sungai. Jika umumnya sungai hanya dijadikan sebagai tempat untuk membuang sampah sehingga timbul banjir, di Bogor seperti sungai Cisadane, bisa dipergunakan untuk rafting atau arung jeram. Untuk bisa melakukan arung jeram Bogor tersebut, anda tidak hanya harus mempersiapkan tubuh dalam kondisi yang baik namun juga harus menggunakan perlengkapan yang tepat dan yang kondisinya bagus.

Pertama adalah perahu karet. Perahu merupakan peralatan wajib yang harus ada dan kondisinya bagus, misalnya tidak ada tambalan apalagi banyak tambalannya. Umumnya, perahu yang dipergunakan untuk arung jeram adalah yang terbuat dari bahan polyester nilon ataupun bahan PVC (polyvinyl chloride) dan kedua jenis perahu tersebut merupakan jenis perahu yang non self bailing sehingga tidak dilengkapi dengan lubang yang fungsinya sebagai pembuangan air.

Ketiga adalah pelampung. Pelampung sangat berguna terutama untuk Anda yang tidak bisa berenang. Akan sangat berbahaya jika jatuh ke sungai yang arusnya deras tanpa menggunakan pelampung yang akan membantu Anda untuk tetap menjaga tubuh Anda tetap mengapung sehingga lebih mudah untuk diselamatkan. Selain itu, fungsi pelampung juga membantu untuk menahan benturan saat arung jeram terutama saat Anda terjatuh dan di dekat Anda terdapat batu yang bisa mencelakai Anda.

Ketiga adalah helm. Fungsi dari helm adalah untuk melindungi kepala Anda dari cidera yang serius yang bisa membahayakan nyawa Anda. Helm yang dipergunakan untuk rafting memiliki bentuk yang sama seperti helm yang biasanya dipergunakan oleh para pekerja bangunan ataupun yang suka susur gua yang terbuat dari bahan yang keras. Keempat adalah dayung. Dayung yang dipergunakan haruslah kuat namun memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan Anda sebagai pendayung untuk tetap menggerakkan dayung sehingga perahu bisa secepatnya sampai ke tujuan. Bahan yang biasanya dipergunakan adalah bahan plastik ataupun aluminum yang ringan namun kokoh.

Perlengkapan lainnya yang harus Anda siapkan saat Anda hendak melakukan arung jeram, diantaranya adalah:


  1. Pompa yang dipergunakan untuk mengisi udara pada perahu karet sehingga perahu Anda tetap bisa mengapung dengan baik walaupun dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.
  2. Tali lepar yang fungsinya adalah untuk penyelamatan. Misalnya saat anda terjatuh dan kemudian perahu rafting tersebut terseret cukup jauh dari lokasi Anda sehingga mau tidak mau untuk menyelamatkan Anda butuh alat untuk menarik Anda dan alat tersebut adalah tali mantel yang dikaitkan ke tas kecil.
  3. Tas kedap air yang dipergunakan untuk menyimpan beragam jenis barang yang dibutuhkan agar tidak rusak karena terkena air. Tas tersebut biasanya digunakan untuk menyimpan ponsel, dompet, kamera, pemandangan alam ataupun yang lainnya.
  4. Alat navigasi misalnya kompas, protaktor, peta atau yang lainnya agar Anda bisa mengetahui kondisi medan yang akan diarungi.
  5. Peluit untuk alat komunikasi misalnya seperti memberikan arahan ‘kanan kiri’ ke pendayung agar tidak miskomunikasi.
  6. Repair kits.


Selain perlengkapan tersebut, Anda juga harus menyiapkan logistik agar Anda kembali memiliki tenaga. Namun, jika repot, Anda hanya perlu menghubungi Grey Adventure di 0813-2042-7955 yang tidak hanya menyediakan jasa untuk bisa arung jeram Bogor dengan aman dan nyaman namun juga menawarkan paket yang di salah satu paket yang ditawarkan adalah makanan seperti makan siang dan juga makanan ringan tradisional khas Sunda yang pastinya akan cocok untuk anda yang gemar dengan masakan sunda. Jadi, hubungi CS Grey Adventure untuk keterangan lebih lanjut!

Mengulas Beberapa Peralatan Arung Jeram Bogor yang Wajib Ada
-->